Mommy,,, Im toddler now!

Lilypie Third Birthday tickers

Kamis, 23 Februari 2012

Bobo siang lagi yuk, Raia


Horay..akhirnya babyraia sukses tidur siang yang kedua kali nya lagi hari ini. Setelah sudah hampir 2 minggu ini jadwal tidur siangnya berkurang. Dari rutin 2 kali sehari yaitu jam 10 pagi dan jam 2 atau jam 3 sore hari, kemaren2 sempat jadi sehari sekali, yaitu cuma jam 10 pagi.

Dan kebiasaan itu jadi bikin repot juga awal-awalnya, karena mamaraia pulang kerja jam 2 pasti capek, biasanya pulang nyusuin babyraia terus dia tidur deh, jadi mamaraia juga bisa istirahat juga selama dia tidur. Tapi,selama dia ga mau tidur siang 2 minggu ini, Ya ampun kewalahannya..Walaupun kalau ga tidur siang akhirnya dia tidur malam nya awal, abis magrib dia juga udah tidur sampe besok pagi nya.itu aja satu keuntungan babyraia ga tidur siang yang ke 2 kalinya. 

Setelah beberapa lama mulai terbiasa dengan pola tidur nya yang cuma sekali tidur siang, awalnya lumayan menikmaati saat-saat santai kalo udah malam. Babyraia tidur,mamaraia pun bisa santai nonton film atau ngobrol dengan ayahraia. Tapi ternyata, hal itu ga berlangsung lama. Lama kelamaan, walaupun babyraia tidur awal, tapi tidurnya gelisah sekali. kadang terbangun berkali kali dan menangis tiba-tiba. Terus dinenenkan baru tidur lagi. Hal itu berlangsung berkali-kali dalam satu malam. Alhasil, mamaraia yang kelelahan esok pagi nya.

Dan puncaknya tadi malam, karena babyraia sudah tidur mulai jam 5 sore mungkin sangat capek ya. Jadi, selama tidur gelisah terus puncaknya dia bangun dengan mata segar jam 12 tengah malam. x_x akhirnya ayahraia nemenin dia maen sampai setengah 2, jam segitu belom mau tidur juga. Malah tambah rewel kalo mau diboboin, akhirnya neneknya bangun dan nemenin babyraia maen sampai jam 3. Dan bobo lagi jam setengah 4. haduuuh,,ga mau lagi deh begadang-begadang lagi.

Akhirnya, setelah mengingat-ingat lagi, dulu pernah baca artikel kalo tidur siang itu penting bagi pertumbuhan balita, jadi akhirnya mamaraia pun mencoba mengembalikan waktu tidurnya lagi seperti semua. yaitu pagi jam 10,siang jam 3, terus kalo malam,biasanya dia tidur jam 9 malam. Walau agak malam, tapi dia tidurnya nyenyak. Begitu lebih baik kan daripada tidur awal tapi ga nyenyak. Mudah-mudahan berhasil. 

Setelah googling lagi, ketemu juga artikel yang menjelaskan pentingnya tidur siang.


Tidur merupakan kebutuhan utama yang baik bagi kesehatan, dan untuk anak-anak penting mendapatkan waktu tidur yang cukup termasuk tidur di siang hari. Hal ini karena tidur membantu pertumbuhan dan proses peremajaan yang terjadi pada anak.

Anak-anak yang rutin melakukan tidur siang bisa mendapatkan beberapa manfaat, seperti dikutip dari 
Kidshealth, Jumat (17/6/2011) yaitu:
  1. Membantu menjaga anak agar tidak terlalu lelah yang bisa mempengaruhi suasana hatinya seperti rewel dan mudah marah
  2. Membantu meningkatkan memori anak yang membuat otak kembali fresh sehingga ia akan lebih mudah menerima rangsangan yang diberikan
  3. Memberikan tubuh si kecil kesempatan untuk beristirahat

Kebutuhan tidur anak-anak sangat individual, biasanya dipengaruhi oleh faktor usia. Namun tidur siang yang dilakukan sebaiknya tidak terlalu lama, karena nantinya juga bisa memberikan efek yang buruk.

Biasanya bayi yang berusia di bawah 1 tahun memiliki waktu tidur siang 2-3 kali dengan total waktu tidur sekitar 3-4 jam. Untuk batita membutuhkan waktu tidur 1-3 jam yang terbagi dalam 2 kali tidur siang, sedangkan untuk balita umumnya hanya 1 kali tidur siang. Sebagian besar anak akan berhenti tidur siang setelah berusia di atas 5 tahun.

Salah satu kunci agar anak bisa mendapatkan tidur siang yang baik adalah memiliki rutinitas yang sama sejak awal dan berpegang teguh pada hal tersebut. Pada bayi perhatikan isyarat yang muncul seperti mulai rewel dan menggosok-gosokkan mata.

Jika si kecil sulit tidur, cobalah membantunya dengan memberikan musik yang lembut, meredupkan lampu sehingga bisa merangsang keluarnya hormon melatonin atau membacakan cerita yang bisa memberinya kenyamanan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar