Mommy,,, Im toddler now!

Lilypie Third Birthday tickers

Rabu, 22 Februari 2012

Mamaraia is MamaPerah

asip 

Dah pada tau istilah mama perah blm? Mungkin ada beberapa yang masih asing dengan istilah ini. Mamaraia juga dulu sebelum resmi jadi mama juga belum tau istilah ini. So, Mamaperah adalah istilah untuk para ibu-ibu menyusui yang juga bekerja tapi  tetap ingin memberikan asi full buat bayi nya, jadi asi nya diperah atau dipompa dan asi nya di simpan di kulkas atau frezer untuk diberikan buat bayi nya nanti. Dan, FYI asi yg telah diperah itu nama nya ASIP alias Air susu Ibu Perah. :D Sampai sini ngertiiiiiiiiiiiii kan semuaaaaaa???

Oke,lanjuuut. Karena mamaraia termasuk ibu menyusui yg  bekerja. Jadi mamaraia juga memutuskan untuk jadi mamaperah. J Sebuah keputusan yang telah di pikirkan masak2 ampe mateng. :D

Jadi mamaperah itu gimana sih? Susah apa gampang? Saat memutuskan untuk jadi mamaperah, diperlukan beberapa persiapan. Dan tentu nya setelah mencari info terlebih dahulu. Ternyata persiapan nya juga selain dari segi persiapan alat kaya botol ASIP juga harus persiapan mental juga. Karena memerah itu bukan lah tugas yang gampang. Dan harus kuat-kuat mental untuk konsisten memerah, kalo semangat kendor atau lagi males. Kan ngaruh ke stok ASIP nya.

So, yang dipersiapkan sebagai peralatan “perang” itu adalah gelas, botol susu dan nursing cover. Untuk memompa, kebetulan mamaraia gak pake alat pompa apapun.Mamaraia memutuskan untuk memerah pakai tangan, karena lebih praktis, ga perlu repot bawa alatpompa apapun kalo pergi dan dulu awal2 memerah mamaraia pernah pakai alat pompa,tapi terasa sakit. Jadi, akhirnya memutuskan untuk perah pakai tangan saja.
peralatan "perang"

Saat pertama mamaraia bekerja, saat itu babyraia berumur 7 bulan. Mamaraia pun selalu membawa peralatan “perang” ke sekolah. Walaupun disekolah belum tau juga sempat bisa merah atau enggak. Hari pertama kerja udah langsung sibuk, sampe bengkak banget, beru deh disempat-sempatin merah.  Bingung mau merah dimana, terus liat UKS sepi. Jadi lah UKS berubah jadi Tempat Praktek Memerah. ( disingkat TPM, oke juga kali ya). Si kakak Perawat UKS yang walau baru pertama kali kenal, langsung aja aku jelasin mau memerah, jadi nya Kiki, si perawat UKS itu harus rela menutup pintu UKS selama aku memerah. Memerah hari pertama, lancaaar....selancar ASI yang keluar saat di perah. J
TPM : UKS

Keadaan itu lanjut ampe hari-hari berikutnya, sampai  kadang-kadang saat memerah pun banyak siswa perempuan yang masuk ke UKS, karena kadang mamaraia memerah disaat istirahat sholat. Pertama kali mereka melihat mamaraia sedang memakai nursing cover, mereka heran dan bertanya. “Ibu sedang apa?” mamaraia jawab “merah ASI buat dedek dirumah”. Mereka tampak bingung dan mamaraia pun menjelaskan kalo harus merah ASI untuk persediaan baby dirumah karena mamaraia hanya memberi ASI sama babyraia. Mereka tampak mengerti dan kemudian ada juga yang bercerita  tentang pengalaman menyusui ibu atau tante mereka. Dan lucky me, mulai dari melihat mamaraia memerah itu mereka jadi akrab dengan mamaraia sebagai guru baru. Sejak itu juga,mereka sudah mengerti kalau pintu UKS ditutup, pasti ibu mirda nya sedang memerah.

Selain siswa-siswa yang sudah mengerti kebiasaan memerah saya. Akhirnya guru-guru lain pun mulai mengerti kalau mamaraia tiba-tiba menghilang dan tidak bisa diganggu. Berarti mamaraia sedang memerah. Kadang, mereka juga melempar joke-joke tentang kebiasaan memerah mamaraia. Ada yang komentar : “ wah, ada tukang peras disini. Ati-ati diperas nya” atau kadang ada juga yang bilang “mau dibantu gak bu?” kalo itu kadang bapak2 yang ngerti kebiasaan ini. Haduuuh. *tutupmuka* 

Alhamdulillah, kegiatan memerah di sekolah berjalan lancar sampai sekarang. ( saat ini Babyraia berumur 1 tahun 2 bulan) dan Babyraia masih full ASI. Thanks GOD, mamaraia masih diberi kesempatan memenuhi kebutuhan nya.

Oh iya, untuk hasil perah nya sendiri mamaraia kalau pulang sekolah langsung masukin kulkas untuk diminum ke babyraia besok hari nya. Mamaraia gak nyetok banyak, tapi untuk besok hari nya saja setiap hari. Dirumah, tinggal si mbah (yang ngurusin babyraia) yang bertugas memberi ASIP ke babyraia dengan disuap atau pun dengan training cup.

Masih bisa kasih ASI ke babyraia itu adalah sebuah anugrah tersendiri. Karena up and down juga perjuangan jadi mama perah ini. Godaan untuk berhenti jadi mamaperah juga ada, karena mengingat kesibukan di sekolah dan rasa capek kalo udah dirumah, juga kadang bikin semangat kendor. Tapi, begitu mengingat-ingat betapa sehatnya babyraia saat ini salah satunya berkat ASI. Mamaraia pun semangat lagi untuk terus memerah. Dan mamaraia pun tetap tenang dalam bekerja sambil tetap memberi ASI untuk babyraia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar